Mengenal Fitur Paddle Shift di Mobil Honda

img_5242

Beberapa mobil canggih terbaru menambahkan teknologi Paddle Shift pada sistem transmisinya. Lalu, apakah Paddle Shift itu?

Seperti halnya sistem Tiptronic, Paddle Shift membuat pengendaraan mobil dengan transmisi otomatis seperti layaknya mobil bertransmisi manual. Teknologi ini memungkinkan pengemudi mengoper gigi secara manual dengan cara menekan tuas yang terletak di balik setir seperti pada mobil F1.

Fitur Paddle Shift dapat diaktifkan dengan cara menekan tuas (paddle) saat mobil sedang berada di posisi transmisi D atau S. Ketika diaktifkan pada posisi D, Paddle Shift akan berfungsi secara semi manual, dimana transmisi akan berubah otomatis saat mesin mendeteksi waktu pergantian gigi, namun pengemudi tidak menekan tuas. Sementara jika diaktifkan pada posisi S, Paddle Shift akan bekerja secara manual sepenuhnya dan memungkinkan pengemudi sepenuhnya mengendalikan pergantian gigi layaknya mobil bertransmisi manual.

Paddle Shift memberikan tingkat akselerasi dan torsi yang lebih tinggi, sekaligus dirancang secara ergonomis seperti yang biasanya terdapat pada sebuah mobil F1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s